Kamis, 02 Agustus 2012

" Perangkat Keras Komputer "

Mari kita bahas komponen-komponen komputer tersebut satu per satu

1. Monitor
   Monitor adalah media yang berfungsi menampilkan output dari data dan informasi yang sedang diolah oleh komputer dalam bentuk gambar (visual). Ada dua jenis monitor yang beredar saat ini, yaitu jenis CRT ( Cathode Ray Tube ) dan LCD ( Liquid Crystal Display ).


2. Motherboard
   Motherboard merupakan papan sirkuit yang paling besar di dalam rangkaian CPU komputer. Digunakan untuk meletakkan chip processor, memory (ROM dan RAM ), serta berbagai macam komponen penunjang lainnya. Selain itu dilengkapi dengan sejumlah slot tambahan sebagai tempat sejumlah cardl adapter untuk meningkatkan kemampuan komputer.
   Dengan kata lain motherboard berisi konektor-konektor yang menambahkan board-board tambahan. Secara khusus motherboard berisi CPU, BIOS, memory, antarmuka mass storage, port-port serial dan paralel, slot-slot ekspansi, dan controller yang diperlukan untuk mengendalikan peralatan periferal standar seperti layar monitor, keyboard, dan disk drive.


3. Processor
   Processor merupakan otak dari sebuah komputer. Processor memiliki tiga peran penting dalam sebuah komputer, yaitu sebagai Arithmatics Logical Unit ( ALU / pusat dari semua perhitungan matematis ), dan Memory Unit ( MU / menyimpan sementara fungsi-fungsi yang dieksekusi oleh processor sehingga processor tidak lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain ).

( Processor Intel Core i7 )

( AMD phenom 2 )


4. Memory
   Memory adalah tempat dimana kita dapat menemukan sejumlah instruksi dan data-data yang hendak dikerjakan, selain juga tempat menyimpan hasil keluaran. Memory diatur sebagai serangkaian lokasi atau sel-sel, masing-masing dapat menyimpan satu word. Lokasi memory diberi secara urut sehingga memungkinkan komputer menunjuk ke bagian memory tertentu dengan tepat. Memory komputer terdiri dari dua macam, yaitu memory primer (ROM dan RAM ) dan memory sekunder ( disket, compact disk, dan hard disk )


5. VGA Card.
   VGA card adalah penghubung antara monitor ke motherboard agar segala proses perintah yang diberikan pemakai dapat ditampilkan kedalam monitor. VGA card yang digunakan saat ini umumnya sudah tersedia secara onboard di motherboard. Jika kita menginginkan tampilan grafik yang lebih baik lagi, kita dapat memasang VGA card yang terpisah.


6. Sound Card
   Sound card adalah hardware yang berfungsi menghasilkan suara yang akan dihubungkan ke speaker. Umumnya sound card sudah tersedia di motherboard. Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik, kita dapat menggunakan sound card terpisah yang dipasang pada slot PCI.



7. Hard Disk Drive
   Hard disk drive ( disingkat HDD ) adalah media penyimpanan data, terbuat dari bahan kaku yang berbentuk piringan belapis magnetik oksida dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Head baca-tulisannya tidak menyentuh piringan secara fisik seperti halnya pada disket, tapi berjalan diatas bantalan udara tipis. Hard disk dipasang didalam CPU. Jenis hard disk yang ada dipasaran saat ini ada dua tipe yaitu yang bertipe PATA dan bertipe SATA. Tipe SATA merupakan tipe terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Tipe SATA memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe PATA. Kapasitas penyimpanan hard disk semakin meningkat seiring perkembangan tekhnologi komputer. Saat ini kapasitas penyimpanan sebuah hard disk SATA telah lebih dari satu terra byte.



8. Floppy Disk Drive
   Floppy disk drive ( disingkat FDD ) merupakan alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan, dan menggerakkan head baca-tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disket.



9. Drive Optik ( Optical Disk Drive )
   Drive optik merupakan media penyimpanan yang penting saat ini. Berbagai jenis drive optik tersebut adalah CD_ROM drive, CD-writer, DVD-ROM, CD-ROM, dan Blur Ray Drive hanya dapat membaca data yang terdapat pada piringan, sedangkan CD-Writer, DVD-Writer, dan Blur Ray Writer selain dapat membaca juga dapat mengisi data kedalam kepingan. Tekhnologi optical disk drive yang paling maju saat ini adalah Blue Ray Drive, tetapi yang umumnya sekarang digunakan oleh banyak pengguna komputer adalah DVD-ROM Drive atau DVD-Writer.



10. Modem
   Modem berasal dari kata modulator demodulator, yaitu alat untuk berkomunikasimelalui saluran telepon dengan komputer lain yang jaraknya saling berjauhan dan melakukan koneksi ke internet. Modem bertugas mengubah pulsa komputer ( sinyal biner/digital ) menjadi sinyal dialog demikian juga sebaliknya, sehingga dapat dikirimkan atau diterima melalui kabel telepon. Ada dua jenis modem pada komputer yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem yang digunakan pada PC saat ini biasanya adalah modem internal yang terpasang didalam motherboard.

( Modem Eksternal )

( Modem Internal )


11. Keyboard
   Keyboard merupakan alat input sederhana yang diperlukan dalam setiap PC. Keyboard disini adalah sebuah papan berisi tombol-tombolfungsi (F1 ... F12 ), tombol-tombol bertanda huruf, angka, tanda baca seperti yang terdapat dalam mesin tik, tombol panah dan tombol-tombol lain. Tombol-tombol tersebut disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untukmemberi perintah atau masukan pada sistem komputer.



12. Mouse
   Mouse merupakan komponen input untuk berinteraksi dengan layar monitor. Mouse sangat diperlukan pada pengoperasian komputer, terutama sekali jika menggunakan sistem operasi grafis. Beberapa tipe mouse yang pernah ada adalah mouse jenis serial, kemudian dilanjutkan dengan mouse PS/2, mouse scroll, dan saat ini yang banyak digunakan adalah mouse optik.


13. Scanner
   Scanner termasuk alat penginput data. Scanner berfungsi untuk memindai gambar dari sebuah kertas dan selanjutnya diolah oleh komputer.




14. Printer
   Printer digunakan untuk menampilkan hasil dari pengolahan data oleh komputer dalam bentuk cetakan dikertas.



15. USB Flash Disk
   Flash Disk merupakan alat penyimpan yang sangat populer saat ini. Selain praktis dipergunakan, flash disk memiliki beberapa keunggulan dibandingkan alat penyimpanan lain, yaitu dapat menyimpan data dalam ukuran besar hingga lebih dari 128 GB, dapat menghapus dan menyimpan dengan mudah, harganya cukup murah, dan dapat dicabut dari komputer dengan mudah menggunakan metode plug and play.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar